ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ (Khalifah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang Pertama)
Nama dan Nasab Beliau Radhiallahu ‘Anhu
Nama Abu Bakar ash-Shiddiq yang sesungguhnya adalah Abdullah
bin Abu Quhafah – Usman - bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin
Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai bin Ghalib bin Fihr al-Quraisy
at-Taimi. Bertemu nasabnya dengan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam pada
kakeknya Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai, kakek yang keenam.
Dan ibunya adalah Ummu al-Khair binti Shakhr
bin Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim. Ayahnya diberi kuniyah (sebutan
panggilan) Abu Quhafah.
Dan pada masa jahiliyyah Abu Bakar ash-Shiddiq dijuluki Atiq,
karena wajahnya yang cakep dan gagah (sebagaimana hal itu dikatakan
oleh Ibnu Ma’in, al-Laits bin Sa’ad dan juga oleh putrinya Aisyah
radhiallahu ‘anhum). Imam Thabari menyebutkan dari jalur Ibnu Luhai’ah
bahwa anak-anak dari Abu Quhafah tiga orang, pertama Atiq (Abu Bakar),
kedua Mu’taq dan ketiga Utaiq.
Mus’ab bin az-Zubair berkata, ‘Segenap ummah
telah ijma’ tentang gelar yang diberikan kepada beliau radhiallahu ‘anhu
dengan ‘Ash-Shiddiq’ adalah karena beliau selalu membenarkan apa yang
diberitakan oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam’.
Kelahiran dan Pertumbuhan Beliau
Beliau dilahirkan dua tahun beberapa bulan
setelah lahirnya rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau tumbuh
di kota Makkah, dan beliau tidak meninggalkan kota tempat tinggalnya
kecuali untuk
tujuan berdagang. Beliau adalah penghulu suku Quraisy, dan
ahlu syura diantara mereka pada zaman jahiliyah.
Dan beliau juga terkenal sebagai orang yang
meninggalkan khomr pada masa jahiliyah, ketika beliau ditanya :’Apaka
engkau pernah meminum khomr dimasa jahiliyah ? beliau menjawab :
A’udzubillah (aku berlindung kepada Allah), kemudian beliau ditanya
lagi, ‘Kenapa?’ , beliau menjawab : aku menjaga dan memelihara muru’ahku
(kehormatanku), apabila aku minum khomr maka hal itu akan menghilangkan
kehormatan dan muru’ahku. (lihat : Tarikh al-Khulafa’, hal: 32)
Karakter Fisik dan Akhlak Beliau
Abu Bakar adalah orang yang bertubuh kurus, berkulit putih. ‘Aisyah menerangkan karakter bapaknya, “Beliau
berkulit putih, kurus, tipis kedua pelipisnya, kecil pinggangnya
(sehingga kainnya selalu turun dari pinggangnya), wajahnya selalu
berkeringat, hitam warna matanya, berkening lebar, tidak bisa bersaja’
dan selalu mewarnai jenggotnya dengan innai maupun katam.”
Begitulah karakteristik fisik beliau. Adapun
akhlaknya, beliau terkenal dengan kebaikan, keberanian, kokoh pendirian,
selalu memiliki ide-ide yang cemerlang dalam keadaan genting, banyak
toleransi, penyabar, memiliki azimah (keinginan keras), faqih, paling
mengerti dengan garis keturunan Arab dan berita-berita mereka, sangat
bertawakal kepada Allah dan yakin dengan segala janji-Nya, bersifat
wara’ dan jauh dari segala syubhat, zuhud terhadap dunia, selalu
mengharapkan apa-apa yang lebih baik di sisi Allah, serta lembut dan
ramah, semoga allah meridhainya. Akan diterangkan setelah ini hal-hal
yang membuktikan sifat-sifat dan akhlaknya yang mulia ini.
Kisah Keislaman Beliau
Abu Bakar adalah lelaki yang pertama kali
memeluk Islam, walaupun Khadijah lebih dahulu masuk Islam daripada
beliau, adapun dari golongan anak-anak, Ali yang pertama kali masuk
Islam, sementara Zaid bin Haritsah adalah yang pertama kali memeluk
Islam dari golongan budak.
Ternyata keislaman Abu Bakar paling banyak
membawa manfaat besar terhadap Islam dan kaum muslimin dibandingakn
dengan keislaman selainnya, karena kedudukannya yang tinggi dan semangat
serta kesungguhannya dalam berdakwah. Dengan keislamannya maka masuk
mengikutinya tokoh-tokoh besar yang masyhur seperti Abdurrahman bin Auf,
Sa’ad bin Abi Waqqas, Usman bin Affan, Zubair bin Awwam, dan Thalhah
bin Ubaidillah radhiyallahu anhum.
Di awal keislamannya beliau menginfakkan di
jalan Allah apa yang dimilikinya sebanyak 40.000 dirham, beliau banyak
memerdekakan budak-budak yang disiksa karena keislamannya di jalan
Allah, seperti Bilal radhiyallahu anhu. Beliau selalu mengiringi
Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam selama di Makkah, bahkan dia lah
yang mengiringi beliau ketika bersembunyi di dalam gua dalam perjalanan
hijrah hingga sampai ke kota Madinah. Di samping itu beliau juga
mengikuti seluruh peperangan yang diikuti Rosulullahu shalallahu ‘alaihi
wa sallam baik perang Badar, Uhud, Khandaq, Penaklukan kota Makkah,
Hunain maupun peperangan di Tabuk.
Istri-Istri dan Anak-Anak Beliau
Abu Bakar pernah menikahi Qutailah binti Abd
al-Uzza bin Abd bin As’ad pada masa jahiliyyah dan dari pernikahan
tersebut lahirlah Abdullah dan Asma’.
Beliau juga menikah dengan Ummu Ruman binti
Amir bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman dari Kinanah, dari pernikahan
tersebut lahirlah Abdurrahman dan ‘Aisyah.
Beliau juga menikah dengan Asma’ binti Umais
bin ma’add bin Taim al-Khatts’amiyyah, dan sebelumnya Asma’ diperistri
oleh Ja’far bin Abi Thalib. Dari hasil pernikahannya ini lahirlah bin
Abu Bakar, dan kelahiran tersebut terjadi pada waktu haji Wada’ di Dzul
Hulaifah.
Beliau juga menikah dengan Habibah binti Kharijah bin Zaid bin Zuhair dari Bani al-Haris bin al-Khazraj.
Abu Bakar pernah singgah di rumah Kharijah
ketika beliau datang ke Madinah dan kemudian mempersunting putrinya, dan
beliau masih terus berdiam dengannya di suatu tempat yang disebut
dengan as-Sunuh hingga Rasullullah shalallahu ‘alaihi wa sallam wafat
dan beliau kemudian diangkat menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah
shalallahu ‘alihi wa sallam. Dari pernikahan tersebut lahirlah Ummu
Khultsum setelah wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam.
Beberapa Keutamaan Beliau
Keutamaan Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu
anhu sangat banyak sekali dan telah dimuat dalam kitab-kitab sunnah,
kitab tarajim (biografi para tokoh), maupun kitab-kitab tarikh, namun
disni akan dinukilkan sebagian apa yang telah di ringkas oleh Doktor
Muhammad as-Sayyid al-Wakil dalam kitabnya “Jaulah Tarikhiyah fi ‘asri
al-khulafa’ ar-Rasyidin”, dan beberapa kitab lainnya, diantaranya adalah
:
- Para Ulama Ahlus Sunnah telah ijma’ bahwa manusia termulia setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, kemudian Umar bin Khaththab, kemudian utsman bin Affan, kemudian ‘Ali bin Abi Thalib, kemudian sepuluh orang sahabat yang di khabarkan masuk surga, kemudian seluruh sahabat yang mengikuti perang Badar (ahlu badar), kemudian para sahabat yang mengikuti perang Uhud, kemudian para sahabat yang mengikuti Ba’iat Ridwan (ahlu bai’at), kemudian sahabat-sahabat lainnya yang tidak termasuk sebelumnya.
- Imam al-Bukhari meriwayatka dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau berkata, ‘Kami memilih orang-orang di masa nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka kami memilih Abu Bakar kemudian Umar, kemudian Utsman’. Dan Imam Ath-Thabari menambahkan di kitabnya ‘Al-Kabir’ maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengetahui hal itu dan berkata : “Tidaklah seorang nabi pun kecuali ia memiliki dua wazir (pendamping) dari penduduk langit dan dua wazir dari penduduk bumi, adapun pendampingku dari penduduk langit adalah malaikat Jibril dan Mika’il, sedangkan pendampingku dari penduduk bumi adalah Abu Bakar dan Umar”.
- Dan Abu Ya’la menluarkan dari ‘Ammar bin Yasir radhiallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “ Jibril baru saja datang kepadaku, maka aku berkata : wahai Jibril khabarkan kepada saya tentang keutamaan Umar bin Khaththab, ia (Jibril) menjawab, ‘kalaulah aku berbicara tentang keutamaan Umar selama – lamanya Nabi Nuh tinggal bersama kaumnya – niscaya aku belum selesai dari membicarakan keutamaan Umar, dan sesungguhnya keutamaan-keutamaan yang dimiliki Umar hanyalah satu hasanah (kebaikan) dari kebaikan-kebaikan yang dimiliki Abu Bakar”.
- Beliau Adalah Sahabat Yang Menemani Rasulullahu ‘alaihi wa sallam di Gua ketika Hijrah. Allah berfirman dalam surat at-Taubah ayat 40 yang artinya, “Jikalau tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada di dalam gua , diwaktu dia berkata kepada temannya, janganlah berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita.”(at-Taubah: 40). ‘Aisyah, Abu Sa’id dan Ibnu Abbas dalam menafsirkan ayat ini mengatakan , “Abu Bakarlah yang mengiringi Nabi dalam gua tersebut.”
- Diriwayatkan dari al-Barra’ bin Azib, ia berkata, “Suatu ketika Abu Bakar pernah membeli seekor tunggangan dari Azib dengan harga 10 dirham, maka Abu Bakar berkata kepada ‘Azib, Suruhlah anakmu si Barra agar mangantarkan hewan tersebut.” Maka ‘Azib berkata, “Tidak, hingga engkau menceritakan perjalananmu bersama Rosulullah ketka keluar dari Makkah sementara orang-orang musyrikin sibuk mencari-cari kalian.”
- Abu Bakar berkata, “Kami berangkat
dari Makkah, berjalan sepanjang siang dan malam hingga datang waktu
dhuhur, maka aku mencari-cari tempat bernaung agar kami dapat istirahat
di bawahnya, ternyata aku melihat ada batu besar, maka segera kudatangi
dan terlihat di situ ada naungannya, maka kubentangkan tikar untuk Nabi
shalallahu ‘alihi wa sallam, kemudian aku katakan
kepadanya,”Istirahatlah wahai Nabi Allah.” Maka beliaupun beristirahat,
sementara aku memantau daerah sekitarku, apakah ada orang-orang yang
mencari kami datang mengintai. Tiba-tiba aku melihat ada seorang
penggembala kambing sedang mengiring kambingnya kebawah teduhan di bawah
batu tersebut ingin berteduh seperti kami, maka aku bertanya padanya,
”Siapa tuanmu wahai budak?” Dia menjawab, “Budak milik si Fulan,
seseorang dari suku Quraisy.” Dia menyebut nama tuannya dan aku
mengenalnya kemudian kutanyakan, “Apakah kambingmu memiliki susu?” Dia
menjawab , “Ya” lantas kukatakan, “Maukah engkau memeras untuk kami?”
Dia menjawab, “Ya” Maka dia mengambil salah satu dari kambing-kambing
tersebut, setelah itu kuperintahkan dia agar membersihkan susu kambing
tersebut terlebih dahulu dari kotoran dan debu, maka dia menepuk kedua
telapak tangannya dan dia mulai memeras susu, sementara aku telah
mempersiapkan wadah yang di mulutnya dibalut kain menampung susu
tersebut, maka segera kutuangkan susu yang telah diperas itu ke tempat
tersebut dan kutunggu hingga bawahnya dingin, lalu kubawakan kehadapan
Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam dan ternyata beliau sudah bangun,
segera kukatakan padanya, “Minumlah wahai Rasulullah.” Maka beliau mulai
minum hingga kulihat beliau telah kenyang, setelah itu kukatakan
padanya, “Bukankah kita akan segera kembali ya Rasulullah?” Beliau
menjawab, “Ya!” akhirnya kami melanjutkan perjalanan sementara
orang-orang musyrik terus menerus mencari kami, tidak satupun yang dapat
menyusul kami kecuali Suraqah bin Malik bin Ju’syam yang mengendarai
kudanya, maka kukatakan pada Rasulullah, “Orang ini telah berhasil
mengejar kita wahai Rasulullah,” namun beliau menjawab, “Jangan
khawatir, sesungguhnya Allah bersama kita.”
Diriwayatkan dari Anas dari Abu Bakar radhiyallahu anhu beliau berkata, “Kukatakan kepada nabi shalallahu ‘alihi wa sallam ketika kami berada dalam gua, ‘Andai saja mereka (orang-orang musyrikin) melihat ke bawah kaki mereka pastilah kita akan terlihat.’ Rasul menjawab, “Bagaimana pendapatmu wahai Abu Bakar dengan dua orang manusia sementara Allah menjadi yang ketiga.”
Masa Kekhalifahan Beliau
Dalam riwayat al-Bukhari diriwayatkan dari
Aisyah radhiyallahu` anha, bahwa ketika Rasulullah wafat, Abu Bakar
datang dengan menunggang kuda dari rumah beliau yang berada di daerah
Sunh. Beliau turun dari hewan tunggangannya itu kemudian masuk ke
masjid. Beliau tidak mengajak seorang pun untuk berbicara sampai
akhirnya masuk ke dalam rumah Aisyah. Abu Bakar menyingkap wajah
Rasulullah yang ditutupi dengan kain kemudian mengecup keningnya. Abu
Bakar pun menangis kemudian berkata : “demi ayah dan ibuku sebagai
tebusanmu, Allah tidak akan menghimpun dua kematian pada dirimu. Adapun
kematian yang telah ditetapkan pada dirimu, berarti engkau memang sudah
meninggal.”Kemudian Abu Bakar keluar dan Umar sedang berbicara dihadapan
orang-orang. Maka Abu Bakar berkata : “duduklah wahai Umar!” Namun Umar
enggan untuk duduk. Maka orang-orang menghampiri Abu Bakar dan
meninggalkan Umar. Abu Bakar berkata : “Amma bad`du, barang siapa
diantara kalian ada yang menyembah Muhammad, maka sesungguhnya Muhammad
telah mati. Kalau kalian menyembah Allah, maka sesungguhnya Allah Maha
Hidup dan tidak akan pernah mati. Allah telah berfirman :
“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang
rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah
jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)
Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan
mudharat kepada Allah sedikitpun; dan Allah akan memberi balasan kepada
orang-orang yang bersyukur.” (QS Ali Imran : 144)
Ibnu Abbas radhiyallahu` anhuma berkata :
“demi Allah, seakan-akan orang-orang tidak mengetahui bahwa Allah telah
menurunkan ayat ini sampai Abu Bakar membacakannya. Maka semua orang
menerima ayat Al-Qur`an itu, tak seorangpun diantara mereka yang
mendengarnya melainkan melantunkannya.”
Sa`id bin Musayyab rahimahullah berkata :
bahwa Umar ketika itu berkata : “Demi Allah, sepertinya aku baru
mendengar ayat itu ketika dibaca oleh Abu Bakar, sampai-sampai aku tak
kuasa mengangkat kedua kakiku, hingga aku tertunduk ke tanah ketika aku
mendengar Abu Bakar membacanya. Kini aku sudah tahu bahwa nabi memang
sudah meninggal.”
Dalam riwayat al-Bukhari lainnya, Umar
berkata : “maka orang-orang menabahkan hati mereka sambil tetap
mengucurkan air mata. Lalu orang-orang Anshor berkumpul di sekitar Sa`ad
bin Ubadah yang berada di Saqifah Bani Sa`idah” mereka berkata : “Dari
kalangan kami (Anshor) ada pemimpin, demikian pula dari kalangan
kalian!” maka Abu Bakar, Umar dan Abu Ubaidah bin al-Jarroh mendekati
mereka. Umar mulai bicara, namun segera dihentikan Abu Bakar. Dalam hal
ini Umar berkata : “Demi Allah, yang kuinginkan sebenarnya hanyalah
mengungkapkan hal yang menurutku sangat bagus. Aku khawatir Abu Bakar
tidak menyampaikannya” Kemudian Abu Bakar bicara, ternyata dia orang
yang terfasih dalam ucapannya, beliau berkata : “Kami adalah pemimpin,
sedangkan kalian adalah para menteri.” Habbab bin al-Mundzir menanggapi :
“Tidak, demi Allah kami tidak akan melakukannya, dari kami ada pemimpin
dan dari kalian juga ada pemimpin.” Abu Bakar menjawab : “Tidak, kami
adalah pemimpin, sedangkan kalian adalah para menteri. Mereka (kaum
Muhajirin) adalah suku Arab yang paling adil, yang paling mulia dan
paling baik nasabnya. Maka baiatlah Umar atau Abu Ubaidah bin
al-Jarroh.”Maka Umar menyela : “Bahkan kami akan membai`atmu. Engkau
adalah sayyid kami, orang yang terbaik diantara kami dan paling dicintai
Rasulullah.” Umar lalu memegang tangan Abu Bakar dan membai`atnya yang
kemudian diikuti oleh orang banyak. Lalu ada seorang yang berkata :
“kalian telah membunuh (hak khalifah) Sa`ad (bin Ubadah).” Maka Umar
berkata : “Allah yang telah membunuhnya.” (Riwayat Bukhari)
Menurut `ulama ahli sejarah, Abu Bakar
menerima jasa memerah susu kambing untuk penduduk desa. Ketika beliau
telah dibai`at menjadi khalifah, ada seorang wanita desa berkata :
“sekarang Abu Bakar tidak akan lagi memerahkan susu kambing kami.”
Perkataan itu didengar oleh Abu Bakar sehingga dia berkata : “tidak,
bahkan aku akan tetap menerima jasa memerah susu kambing kalian.
Sesungguhnya aku berharap dengan jabatan yang telah aku sandang sekarang
ini sama sekali tidak merubah kebiasaanku di masa silam.” Terbukti, Abu
Bakar tetap memerahkan susu kambing-kambing mereka.
Ketika Abu Bakar diangkat sebagai khalifah,
beliau memerintahkan Umar untuk mengurusi urusan haji kaum muslimin.
Barulah pada tahun berikutnya Abu Bakar menunaikan haji. Sedangkan untuk
ibadah umroh, beliau lakukan pada bulan Rajab tahun 12 H. beliau
memasuki kota Makkah sekitar waktu dhuha dan langsung menuju rumahnya.
Beliau ditemani oleh beberapa orang pemuda yang sedang
berbincang-bincang dengannya. Lalu dikatakan kepada Abu Quhafah (Ayahnya
Abu Bakar) : “ini putramu (telah datang)!”
Maka Abu Quhafah berdiri dari tempatnya. Abu
Bakar bergegas menyuruh untanya untuk bersimpuh. Beliau turun dari
untanya ketika unta itu belum sempat bersimpuh dengan sempurna sambil
berkata : “wahai ayahku, janganlah anda berdiri!” Lalu Abu Bakar memeluk
Abu Quhafah dan mengecup keningnya. Tentu saja Abu Quhafah menangis
sebagai luapan rasa bahagia dengan kedatangan putranya tersebut.
Setelah itu datanglah beberapa tokoh kota
Makkah seperti Attab bin Usaid, Suhail bin Amru, Ikrimah bin Abi Jahal,
dan al-Harits bin Hisyam. Mereka semua mengucapkan salam kepada Abu
Bakar : “Assalamu`alaika wahai khalifah Rasulullah!” mereka semua
menjabat tangan Abu Bakar. Lalu Abu Quhafah berkata : “wahai Atiq
(julukan Abu Bakar), mereka itu adalah orang-orang (yang baik). Oleh
karena itu, jalinlah persahabatan yang baik dengan mereka!” Abu Bakar
berkata : “Wahai ayahku, tidak ada daya dan upaya kecuali hanya dengan
pertolongan Allah. Aku telah diberi beban yang sangat berat, tentu saja
aku tidak akan memiliki kekuatan untuk menanggungnya kecuali hanya
dengan pertolongan Allah.” Lalu Abu Bakar berkata : “Apakah ada orang
yang akan mengadukan sebuah perbuatan dzalim?” Ternyata tidak ada
seorangpun yang datang kepada Abu Bakar untuk melapor sebuah kedzaliman.
Semua orang malah menyanjung pemimpin mereka tersebut.
Wafat Beliau
Menurut para `ulama ahli sejarah Abu Bakar
meninggal dunia pada malam selasa, tepatnya antara waktu maghrib dan
isya pada tanggal 8 Jumadil awal 13 H. Usia beliau ketika meninggal
dunia adalah 63 tahun. Beliau berwasiat agar jenazahnya dimandikan oleh
Asma` binti Umais, istri beliau. Kemudian beliau dimakamkan di samping
makam Rasulullah. Umar mensholati jenazahnya diantara makam Nabi dan
mimbar (ar-Raudhah) . Sedangkan yang turun langsung ke dalam liang lahat
adalah putranya yang bernama Abdurrahman (bin Abi Bakar), Umar, Utsman,
dan Thalhah bin Ubaidillah.
Sumber :
Lihat : Tarikh al-Khulafa’, Jaulah Tarikhiyah fi ‘Asri al-Khulafa’ ar-Rasyidin karya DR. Muhammad as-Sayyid al-Wakil, Al-Bidayah wan Nihayah, Masa Khulafa’ur Rasyidin Tartib wa Tahdzib Kitab al-Bidayah wan Nihayah karya Ibnu Katsir. - Shifatush-Shofwah karya Ibnul Jauzi. Dan lainnya
www.alsofwah.or.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar